The Kukeri Ritual:tradisi memakai topeng monster yang menakutkan di bulgaria


Di bawah langit gelap oleh awan tebal, dengan suara lonceng raksasa. mereka akan memasuki rumah-rumah penduduk dengan wajah monster yang menyeramkanjika mereka harus memilih. Monster ini tidak berbicara, melainkan berjalan dan menari dengan cara mereka melalui upacara kuno sementara dipersenjatai dengan berbagai senjata. Setiap tahun, pada hari setelah tahun baru dan sebelum bulan puasa masehi, festival Kukeri dirayakan di Bulgaria. Ini adalah tradisi kuno kira-kira 4.000 tahun yang lalu pada zaman Thracian kuno dan Dionysus, yaitu terkait dengan kesuburan, dan kelahiran kembali. Festival ini penuh dengan simbolisme mistis, tradisi dimana mewakili siklus kehidupan, kematian dan kelahiran kembali.

Kostum dari Kukeri biasanya dipakai oleh para pemuda desa,baik yang sudah ataupun belum menikah.pada tradisi Kukeri para laki-laki akan memakai pakaian dari bulu kambing ataupun bahan lainnya yang terbuat dari bulu juga membawa tongkat kayu, pedang, dan tongkat kekuasaan dikenal sebagai 'thyrsus' atau lambang kesuburan pada jaman Dionysus dari mana karnaval berasal.


Topeng kayu menakutkan (awalnya mewakili kambing) yang dikenakan oleh Kukeri sering memiliki rahang berengsel yang bisa menjepret terbuka dan tertutup, serta tanduk yang mungkin nyata atau hanya kayu. Kadang-kadang topeng ini memiliki dua sisi, satu mewakili kebaikan dan kejahatan lainnya, yang mencerminkan keseimbangan kekuatan-kekuatan di alam.

Topeng diyakini untuk mengusir roh jahat.Pada awal festival, para peserta berkumpul untuk memilih seorang pemimpin yang akan memainkan bagian paling penting dalam upacara. Ini Baker kostum terdiri dari kulit dari tujuh hewan, binatang dari mana ia diyakini menarik kekuatan. Tidak seperti para peserta Kukeri, si pemimpin akan memakai cat wajah hitam bukan topeng, dan tanduk diikat langsung ke kepalanya. Meskipun banyak alat musik yang dimainkan pada tradisi Kukeri hingga menimbulkan kegaduhan tapi para peserta yang ikut acara tradisi kukeri dilarang berbicara ataupun mengungkapkan indentitas diri mereka kepada anggotanya masing ataupun kepada penonton.


Selama karnaval pemimpin kukeri akan diminta untuk melakukan berbagai ritual untuk memberikan kesehatan, kesuburan dan keberuntungan bagi masyarakat desanya. Ini termasuk mengunjungi berbagai rumah mereka, di mana ia akan memberikan roti dan anggur, simbol darah dan daging kurban bahkan di zaman pra-Kristen.salah satu peserta akan menggosokkan dirinya di lantai pemilik rumah. Dan peserta Kukeri lainnya akan berjalan keliling desa terkadang ditengah jalan mereka juga akan meniru duel dan demonstrasi lain dari maskulinitas mereka termasuk tindakan seksual! dan, tentu saja ini hanya simbol tradisi aja,tanpa ada yang marah satu dengan yang lainnya atau terbawa setelah acara Tradisi kukeri selesai.Karena semua ini berfungsi untuk memberkati desa dengan kemakmuran.


Karnaval dari Kukeri seperti yang dirayakan di Bulgaria adalah sisa dari sebuah tradisi yang pernah juga populer di Yunani Utara.Sempat dilarang oleh Komunis ketika mereka berkuasa di Bulgaria, festival Kukeri tetap bertahan dan terus menarik perhatian orang banyak untuk kinerjanya. Yang paling populer ini disebut 'Surva Festival Internasional Masquerade Games' dan diadakan setiap tahun di kota Pernik. Orang-orang datang dari seluruh dunia untuk menonton dan berpartisipasi, dengan kelompok-kelompok berbeda yang melakukan dari seluruh Bulgaria, Eropa, dan bahkan Asia dan Afrika.








Sumber..... http://goo.gl/kP8Ke
[edit post]
Share ke TCV

Blog Author

Riksov Dankov ~ Iconers212
Be humble and be grateful.

0 komentar:

Posting Komentar